Widget edited by fajri.net

Menampilkan Widget hanya pada Homepage blog



Assalamualikum sobat blogger, Tutorial kali ini saya akan coba membahas gimana caranya kita menampilkan widget hanya pada halaman depan atau Home saja, Pada dasarnya ketika kita menambahkan widget atau sejenisnya munculnya pasti akan selalu alias real di semua tempat. entah itu di postingan ataupun di halaman  beranda blog kita sob, nah script singkat di bawah ini  akan script singkat di bawah ini akan mengatur widget tersebut supaya bisa tampil hanya dihomepage saja.


Berikut langkah''nya sob :
Loggin ke akun blogger kalian kemudian masuk menu Design - Edit HTML/Edit Template
Ceklist expand template widget
Sebelum melakukan penambahan didalam template, sebaiknya backup dulu template kalian, gunanya untuk mengembalikan template kepada keadaan semula bila terjadi kesalahan, caranya dengan mendownload full templateSelanjutnya pilih widget yang akan kita munculkan pada bagian homepage saja, saya ambil contoh widget "Popular Post" setelah ketemu sisipkan 2 baris kode sebagai perintah supaya hanya muncul pada halaman utama atau homepage saja. Untuk jelasnya perhatikan baris kode widget recent comment, kode yang berwarna merah adalah kode untuk memunculkan widget supaya hanya muncul di homepage.


<b:widget id='HTML2' locked='false' title='Popular Post' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != ""'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>


Kemudian save template, sekarang widget hanya akan muncul pada halaman utama atau homepage, bila kita masuk ke salah satu halam post widget tersebut tidak akan muncul

keterangan  :
Untuk mengetahui posisi widget yang akan kita tampilkan atau akan kita sembunyikan, seperti contoh diatas yaitu Recent Comment, perhatikan bagian awal dari baris kode widget tersebut yaitu <b:widget id='HTML2' locked='false' title='Popular Post' type='HTML'> Recent Comment yang tertulis dalam baris kode tersebut adalah judul dari widget sewaktu kita menambah widget dalam layout/page elements itu yang menjadi patokan untuk mencari posisi widget dalam template yang ingin kita temukan.



Posting Menampilkan Widget hanya pada Homepage blog, ditulis oleh Unknown. Bila ada artikel yang sudah tidak relevan atau ada link yang rusak, mohon pemberitahuannya melalui komentar dan bila ingin memposting ulang artikel ini di blog kalian, mohon untuk menampilkan link sumber, Terima kasih.
thank you for visiting

Comments
0 Comments

Responses

0 Respones to "Menampilkan Widget hanya pada Homepage blog"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca Menampilkan Widget hanya pada Homepage blog, jika ada yang kurang faham, kalian bisa bertanya melalui komentar, Terima kasih.

 

Flag counter

free counters

Followers

CloseDon't forget to click LIKE or FOLLOW!!
Return to top of page Copyright © 2012 | Platinum Theme Modification Blogger Template by DhAnEy